Kamis, 14 Juni 2012

Kehidupan Anak Lambirah Difilmkan

0 komentar



Oleh: Muhammad Hamzah - 15/08/2011 - 00:34 WIB

ACEH BESAR | ACEHKITA.COM – Lamp On Aceh Film Community menggarap dokumenter edukasi di Desa Lambirah, Sibreh, Aceh Besar. Dokumenter yang diproduksi di bulan Ramadan ini, mengambil cerita tentang bocah-bocah Lambirah. Film ini mengisahkan bocah Lambirah yang mempunyai semangat tinggi dalam menyongsong masa depan, dengan pengenalan teknologi dalam bentuk videografi dan fotografi.


“Kita tertarik dengan semangat anak-anak ini. Kemudian ada sokongan semangat pula yang sangat dari masyarakat setempat. Tujuannya tentu untuk mencerdaskan generasi mereka. Mungkin dengan video ini, nantinya bisa menjadi motivasi bagi kawan-kawan lain di daerah, untuk berbuat hal yang sama,” ujar sutradara film, R. A. Karamullah.

Dalam sebuah wawancara saat pengambilan gambar, Husnul Khatimah, perempuan yang menjadi penggerak terbangunnya semangat anak Lambirah dengan mendirikan tempat pendidikan di desa tersebut mengatakan, anak-anak Desa Lambirah seperti dibutakan oleh teknologi.

“Mereka murni gagap teknologi. Teknologi yang mereka kenal hanya sebatas playstation, yang sifatnya membodohkan mereka. Malahan mereka rela mencuri, hanya untuk bermain playstation.”

Dokumenter ini sendiri, rencananya akan dirampungkan dalam satu minggu. “Karena minggu depan (20/8) ada acara musabaqah di Lambirah. Jadi kita mengejar tenggat waktu itu. Apabila memang banyak kekurangan, kita akan merampungkannya minggu setelah itu,” kata R. A. Karamullah. []


source:

http://www.acehkita.com/berita/kehidupan-anak-lambirah-difilmkan/

Leave a Reply